Tuesday, July 24, 2012

Belajar Bahasa Inggris Dengan Cara Kreatif - Part 1



Ada banyak cara kreatif untuk mencapai tujuan serta menjadi lebih maju dan lebih baik.
Carilah cara kreatif itu dan gunakanlah agar kita menjadi yang terunggul dan terbaik.

Tiada hari tanpa inovasi

Pentingnya target yang jelas?

Terkadang  kita  suka  lupa akan  tujuan  kita  ketika  sedang belajar bahasa  Inggris.
Akibatnya kitapun lupa untuk mengukur kemampuan yang telah kita capai. Akhirnya kita
tak  melakukan  langkah  perbaikan  secara  tepat.  Ujungnya  kita  tak  mampu
berkomunikasi, walau sudah sampai di perguruan tinggi. 
Sebenarnya tujuan belajar bahasa Inggris  itu sederhana sekali, diantaranya:
1.  Agar mampu menulis dalam bahasa Inggris (writing).
2.  Agar  mampu  membaca  dan  memahami  tulisan  dalam  bahasa
Inggris (reading).
3.  Agar mampu berbicara dalam bahasa Inggris (speaking).
4.  Agar mampu mendengar/memahami ucapan yang diucapkan dalam
bahasa Inggris ( Listening).

Agar  siswa mampu  berbahasa  Inggris  secara  lisan  dan  tulisan, maka  diperlukan
strategi belajar dan mengajar yang efektif. Dengan strategi yang efektif diharapkan para
siswa mampu mencapai sasaran yang  telah ditetapkan. Perlu diingat pula, para pengajar
harus berusaha bekerja sama dengan para pelajar untuk mencapai target-target tersebut.
Misalnya,  menciptakan  lingkungan  belajar  yang  nyaman  secara  emosional,
menyenangkan, mendorong kreativitas dan memotivasi siswa untuk menjadi  yang
lebih baik.

  Agar  aktivitas  belajar  yang  dilakukan  tersebut  tepat  sasaran,  maka  perlu
dipenuhi  hal-hal sebagai berikut :

1.  Adanya  tujuan  jangka panjang dan  tujuan  jangka pendek yang  jelas dan  tepat
yang  harus  dan  bisa  dicapai.  Hal  ini  sangat  penting  sekali  untuk  diketahui  dan
dipahami  oleh  para  pengajar,  agar  para  pengajar  bisa melakukan  pengendalian
ketika terjadi penyimpangan.

2.  Adanya  langkah yang  tepat untuk mencapai  tujuan-tujuan yang  telah ditetapkan.
Sebelum diterapkan, terlebih dulu para pengajar harus mengetahui keunggulan dari
langkah tersebut. Tentunya pengujian langsung harus dilakukan dilapangan.

3.  Adanya sarana pendukung yang tepat, sumber daya terbaik yang dibutuhkan. Ini
juga  tak  kalah  pentingnya.  Sarana  audio  vosual  dapat membantu  para  pengajar
untuk mengoptimalkan aktivitas belajar mengajar. Jika ada gunakanlah  laptop/PC,
infocus, dan peralatan pendukung lainnya.

Tiada hari tanpa inovasi

4.  Adanya optimalisasi usaha. Metode unggulan, dan sarana terbaik bisa membantu
kita  untuk  mengoptimalkan  usaha.  Dan  hal  lainnya.  Hal  yang  tak  kalah  penting
ketika sedang belajar adalah selalu berpikir dan bersikap positif. Ada beberapa hal
yang perlu dihindari, antara lain:

•  Ragu akan  keberhasilan. Secara umum, hati  yang  ragu atau  tidak percaya
kemungkinan  besar  akan  berhenti  berpikir  kreatif,  malas  berusaha  atau  bisa  jadi
berhenti berusaha/belajar. 

•  Bersikap  negatif  ketika  sedang  belajar. Beberapa  sikap  negatif  yang  harus
dijauhi  antara  lain  adalah  rasa  takut  gagal,  malas,  mudah  menyerah,  tergesa-
gesa  ingin  segera  berhasil,  lemah  semangat,  banyak  mengeluh  dan
menggerutu, mudah  kecewa,  tidak  aktif  dan  kreatif,  pesimis  dan  sikap  buruk
lainnya.

•  Berpikir negatif ketika sedang belajar. Ketika Anda sedang belajar, boleh jadi
Anda  menemukan  kesulitan.  Ketika  Anda  berpikir,”  sepertinya  aku  tak  mungkin
berhasil belajar Bahasa Inggris karena kenyataannya belajar Bahasa Ingris itu benar-
benar  terasa  sulit  olehku.” Kalau  cara  berpikir Anda  adalah  seperti  itu, maka  anda
harus  segera menghindarinya. Anda  harus merubah  cara  berpikir Anda. Sadarilah,
yang namanya sulit itu dalam kenyataannya adalah relatif. 

5.  Adanya proses  evaluasi  dan  langkah  perbaikan  secara berkala  dalam  jangka
waktu  tertentu.  Langkah  evaluasi  sangat  penting  untuk  dilakukan  agar  kita  bisa
menilai  kemajuan  kita,  dan  hasil  kerja  kita  serta  penyimpangan-penyimpangan
yang mungkin dilakukan secara tak sadar. 


Langkah-langkah  di  atas  merupakan  langkah-langkah  manajemen  belajar  secara
umum yang bisa diterapkan pula dalam proses belajar dan mengajar bahasa Inggris.

  Di  bawah  ini  saya  coba  rumuskan  strategi  belajar  bahasa  Inggris  bagi  pemula
(beginner). Langkah-langkah tersebut diantaranya:

1.  Doronglah,  dan  arahkan  para  siswa  untuk  menghapal  nama-nama  benda,  dan
yang lainnya dalam bahasa Inggris dengan menggunakan metode menghapal yang
kreatif, inovatif dan efektif.

2.  Doronglah  para  siswa  untuk membuat  kalimat  secara  kreatif,  dan  kenalkanlah
GRAMMAR  secara  bertahap,  sedikit  demi  sedikit  sampai  siswa  benar-benar
memahaminya. 

3.  Berikan  latihan-latihan  setelah memberi  contoh  yang  jelas  dan menarik  terlebih
dulu. 

To be continue ......

0 Responses to “Belajar Bahasa Inggris Dengan Cara Kreatif - Part 1”

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About