Saturday, September 3, 2011

pembuatan visual effeck pada film Tron Legacy

http://www.filmofilia.com/wp-content/uploads/2010/03/tron_billboard_m.jpg

Hari ketiga setelah lebaran saya menonton sebuah film Tron Legacy , film sci fi dengan visual effect yang begitu menakjubkan , Film keluaran walt disney ini bercerita tentang keberhasilan seorang programer game Kevin Flynns menembus alam sebuah jaringan komputer, si Kevin pun membangun peradapan maya yang berisikan seorang user komputer Grid ( bangunan peradapan maya ) dan kumpulan program, akan tetapi karena keterbatasan tenaga yang dimilikinya serta waktu dalam membangun peradapan maya Kevin Flynn pun memutuskan membuat program duplikasi atas dirinya untuk membantunya. Konflik terjadi ketika CLU melakukan kudeta, dan mengambil alih peradapan maya tersebut, Kevin pun terjebak dalam dunia maya tersebut selama puluhan tahun dan dinyatakan hilang. 20 tahun setelah kejadian itu Sam Flynns anak dari Kevin secara tidak sengaja masuk kedalam portal tersebut ketika mengoperasikan board komputer milik ayahnya tersebut. Kevin dan Sam Flynn kembali bertemu , merekapun berusaha untuk mengalahkan CLU dan keluar dari portal.

Setelah menonton film Tron Legacy tersebut , saya begitu penasaran bagaimanasih membuat membuat visual efek yang begitu menakjubkan dalam film tersebut, saking penasaran saya pun mencoba Googling dan menemukan potongan wawancara si director visual effect pada film tersebut di forum kaskus berikut potongan wawancara tersebut :

I spent a half year writing software art to generate special effects for Tron Legacy, working at Digital Domain with Bradley "GMUNK" Munkowitz, Jake Sargeant, and David "dlew" Lewandowski. This page has taken a long time to be published because I've had to await clearance. A lot of my team's work was done using Adobe software and Cinema 4D. The rest of it got written in C++ using OpenFrameworks and wxWidgets, the way I've always done it with this team Uniquely however, Digital Domain's CG artists were able to port my apps over to Houdini for further evolution and better rendering than OpenGL could ever provide. Special thanks to Andy King for showing me that what seasoned CG artists do at DD is actually not so far off from what's going on in the Processing community.

" Aku menghabiskan setengah tahun menulis perangkat lunak setengah untuk menghasilkan efek khusus untuk Tron Legacy, bekerja di Digital Domain dengan Bradley "GMUNK" Munkowitz, Jake Sargeant, dan David "dlew" Lewandowski. Halaman ini telah mengambil waktu lama untuk bisa dipublikasikan karena aku sudah menunggu clearance. Banyak pekerjaan tim saya itu dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Adobe dan Cinema 4D. Sisanya itu bisa ditulis dalam C + + menggunakan OpenFrameworks dan wxWidgets, cara saya selalu melakukannya dengan tim ini Uniknya Namun, Digital Domain yang CG seniman mampu port aplikasi saya ke Houdini untuk evolusi lebih lanjut dan rendering lebih baik dari OpenGL yang bisa menyediakan. Terima kasih khusus kepada Andy Raja untuk menunjukkan bahwa apa yang berpengalaman CG artis lakukan di DD sebenarnya tidak begitu jauh dari apa yang terjadi di masyarakat Pengolahan "

ternyata visual efek dalam film tersebut dibuat menggunakan software keluaran adobe , atau penggabungan beberapa software adobe , baik itu adobe phothosop , adobe ilustrator adobe after effect , adobe cinema 4D dan software adobe lainnya , pata wawancara tersebut juga disinggung bahasa pemrogramman yang dugunakan untuk pergerakan obyek maya terbut yaitu C++ OpenFrameworks dan wxWidgets.





0 Responses to “pembuatan visual effeck pada film Tron Legacy”

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About